.

Saturday, March 11, 2017

Desain Rumah Kecil Tipe 42, di Semarang

Seorang kawan meminta bantuan kepada saya untuk mendesainkan rumahnya. Rumahnya berada di kawasan perumahan cluster di Ibu Kota Jawa Tengah. Karena berada dilingkungan perumahan dan pengerjaannya dari pihak developer, beberapa ketentuan perlu saya patuhi saat mendesain. misalnya tentang luasan, item pekerjaan (jumlah jendela pintu dll) serta tentunya tampilan bangunan yang selaras dengan tipe bangunan yang mereka pasarkan.

Rumah ini tipe 42, ada 2 kamar, dapur dan kamar mandi. Dalam desain, saya mencoba meringkas beberapa ruang, memasukkan area cuci ke dalam area kering kamar mandi. Serta memanfaatkan ketinggian langit-langit di area ruang keluarga sebagai pengembangan ruang kerja nantinya. Dapur kecil menyatu dengan ruang keluarga, ruang makan berupa meja kecil dibuat ringkas dan mudah dijangkau dari ruang keluarga yang luasannya kecil. Dari ruang keluarga saya coba menyisakan taman samping rumah, ini digunakan sebagai area memasukkan penghawaan dan pencahayaan alami kedalam rumah. Tambahan teras dekat taman samping, yang juga berfungsi sebagai bak penampungan air hujan, menambah kesan alami dan lega ke dalam ruangan.

Dari tampilan bangunan , agar tampak lebih alami saya coba pasangkan terakota tempel sebagai aksen tampak depan. Terakota tempel dan Warna putih menjadi paduan yang menurut saya cocok untuk sebuah rumah kecil. Saya sering kali menghindari warna-warna yang berlebih dalam mendesain rumah kecil, karena menimbulkan kesan terlalu ramai dan mencolok sehingga kurang enak dipandang. Penggunaan roster sebagai pembatas taman dalam dan ruang luar memungkinkan udara tetap masuk dan menambah estetika fasadenya.
Denah Rumah
Tampak Depan

Ruang Keluarga, Dapur dan Ruang Makan

Kamar Utama dan Kamar Mandi
Program Ruang . Harga Satuan/m2 tergantung spesifikasi dan harga di masing-masing wilayah


No comments:

Post a Comment